October 11, 2015

Mengira-ira Sedimen Senja



irero.doc


Terkadang saya membaca habis satu buah novel hanya karena penasaran dengan judulnya. Pertimbangan lain bisa jadi karena tahu betul karakter tulisan si penulis, meski yang seperti itu hanya sekian persen. Jumlah umur tak sebanding dengan jumlah karya tulis yang telah terbit, pengetahuan masih terbatas, mau tak mau kita acapkali menggunakan aji ‘kira-kira’ ketika memilih satu buku untuk dibeli. Beberapa bahan pertimbangan lain yang digunakan seperti ; penerbit, resensi, endorsement, serta review dari pembaca sebelumnya memiliki pengaruh cukup besar. Di luar itu, upaya team pemasaran dalam mengemas dan menerapkan strategi marketing cukup memberi input positif untuk dipilihnya suatu karya. Sayangnya, alasan saya membeli novel ini adalah karena kebetulan mendapat harga yang sangat miring di samping nama S.N Ratmana yang menarik untuk dikenal lebih jauh.

Saya kurang tertarik membahas isi pasca membaca habis novel ini. saya hanya ingin sedikit mengira-ira. Mungkin naskah novel ini sudah ditulis cukup lama, lalu diendapkan oleh S.N Ratmana, kemudian oleh editor di gubah bagian depannya (lead) sehingga memiliki daya hisap pembaca untuk terus membuka halaman berikutnya. Kemungkinan yang lain, novel ini memang baru ditulis namun menggunakan setting masa lalu sesuai dengan gaya penulisan pada masa-masa angkatan S.N Ratmana. Judulnya bisa jadi kombinasi antara inti cerita dengan sedikit bumbu daya jual. 

Pendek kata, novel ini memiliki paragraf pembuka yang menarik.

No comments:

Post a Comment

Perkara Makan dan Saudaranya

Makan adalah perkara rumit dalam hidup saya. Ini tak semudah seperti yang digambarkan orang-orang yang berkata bahwa itu hanya soal ...